Hubungi Kami!

+6221-29956200

  • white-youtube-logo-png.png
Youtube

Watch our videos

Copyright © 2019 CORTEVA. All rights reserved.

Jenis Rayap : HIDUP BERKOLONI – MESIN PEMAKAN YANG  RAKUS

Rayap tanah berkoloni di bawah tanah dan terorganisasi dengan baik dengan jumlah populasi ratusan hingga jutaan anggota keluarga rayap. Untuk menemukan selulosa sebagai sumber makanan dan mengembangkan koloni, rayap bekerja sama dan bersosial untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

Pekerja 

Kasta Rayap yang merupakan mayoritas dalam koloni rayap dengan jumlah yang sangat besar, berbadan lembut, berwarna terang, berukuran sekitar sebesar butiran beras, jarang meninggalkan terowongan gelap yang terbentang dari koloni melalui tanah ke rangka kayu dari bangunan. Tugas rayap pekerja adalah mencari makanan, memelihara sarang, dan melayani ratu serta anggota koloni lainnya secara terus-menerus.

 

Prajurit 

Kasta Prajurit dikenali dari kepalanya yang panjang serta rahang yang kuat dan bertanggung jawab untuk melindungi koloni, terutama terhadap musuh alaminya seperti semut yang menyerang.

 

Pasangan Reproduktif

Kasta Rayap reproduktif Raja dan Ratu merupakan koloni induk dalam suatu kawanan, bereproduksi dan memulai koloni baru.

 

Ratu

Ratu adalah anggota koloni yang berukuran paling besar, dengan ukuran panjang sampai dengan 4 inci, sekitar sebesar tombol spasi pada komputer Anda. Rayap ratu dapat bertelur dengan kecepatan satu telur per detik. Apabila ratu mati, rayap reproduktif lain akan menggantikannya.

 

SERANGGA LAINNYA – JANGAN TERTIPU! 

Semut

Tidak seperti sayap rayap, sayap depan semut lebih panjang dari sayap belakangnya dan tidak mudah patah. Pinggang semut lebih ramping dari pinggang rayap. Semut juga memiliki sendi pada setiap sungutnya, sementara sungut rayap lurus. Kerumunan semut dapat dikira sebagai kerumunan rayap. Akan tetapi setelah Anda mengetahui tentang cara mengenali kerumunan rayap, Anda sudah mengambil satu langkah maju dalam identifikasi serangga perusak  ini.

 

Rayap kayu kering

Berbeda dengan rayap bawah tanah, rayap kayu kering membuat sarang di dalam kayu yang mereka tempati. Dan karena mereka membutuhkan kelembaban yang lebih sedikit untuk hidup, rayap kayu kering tidak membangun terowongan lumpur untuk berpindah tempat.